Pelatihan Content Creator Bersama Geal Geol TV
Content Creator atau lebih dikenal sebagai YouTuber merupakan sebutan untuk
para penyedia atau pembuat konten di YouTube. Pewdiepie, SMOSH, dan FineBrother
merupakan 3 Content Creator atau pemilik saluran dengan pendapatan
terbesar di YouTube yang masing-masing mendapatkan lebih dari 8 juta dollar
Amerika setiap tahunnya (Forbes, 2015). Di Indonesia sendiri nama Cameo
Project, Edhozell, dan Chandraliow suka dikenal sebagai contents creator di
YouTube dan menjadikannya sebagai profesi mereka. Para Content Creator
tersebut mendapatkan pendapatan dari YouTube melalui jumlah adsense (iklan yang
diselipkan sebelum video mereka diputar) yang dilihat dari video mereka atau
para sponsor produk yang meminta para Content Creator untuk
mempromosikan produk mereka dalam videonya. Oleh karena itu, lebih dari 50%
saluran YouTube mendapatkan lebih dari ratusan ribu dollar Amerika setiap
tahunnya menurut data statistik dari YouTube (2015). Video-video milik Content Creator di YouTube diberikan
adsense atau disponsori, karena (berdasarkan IPSOS yang ditugasi oleh Google
(2015)) di Amerika Serikat 61% dari mereka yang menjadi pengikut YouTube
creators mengatakan bahwa opini mereka akan suatu merek telah terpengaruh oleh
creator yang mereka ikuti. Oleh karena itu adsense dan para sponsor memasang
iklan di video-video di YouTube sebagai bentuk promosi sekaligus memberikan
pendapatan bagi para Content Creator.
Semakin dikenalnya Content
Creator sebagai profesi dan untuk meraih popularitas, banyak orang yang
mencoba membuat konten dan mengunggahnya di YouTube. Menurut data dari
businessinsider.com, 62,05% dari video yang ada di YouTube ditonton kurang dari
1000 kali dan hanya 0,33% yang ditonton lebih dari 1 juta kali. Dengan 300 jam
konten di YouTube yang diunggah tiap menitnya, cukup sulit untuk meraih
popularitas di YouTube. Algoritma YouTube yang banyak menampilkan video dengan
jumlah tontonan yang banyak serta yang sedang trending. Untuk menjadi popular
sendiri, dibutuhkan view count (Jumlah penonton) yang tinggi pada tiap video
yang diunggah ke YouTube. Jumlah penonton dari video popular YouTuber-YouTuber
terkenal di Indonesia berjumlah dari 700 ribu hingga 3,6 juta penonton.
Akibatnya, para Content Creator baru
yang membuat konten di YouTube banyak yang gagal meraih banyak penonton
sehingga menyulitkan mereka untuk menjadi seorang Content Creator yang popular.
Berdasarkan kondisi di atas, maka SMK N 1 Karangjambu
berinisatif untuk melakukan pembekalan kepada siswa dan siswi SMK N 1
Karangjambu untuk bisa menjadi Content
Creator bekerja sama dengan Geal
Geol TV salah satu Content Creator
yang ada di wilayah Karangjambu.
Pelaksanaan pelatihan Content Creator dilaksanakan selama lima hari mulai hari senin tanggal 25 Oktober 2021 sampai dengan hari Jum'at tanggal 29 Oktober 2021. Berikut adalah jadwal kegiatan pelatihan Content Creator SMK N 1 Karangjambu Tahun 2021